Selasa, 29 Maret 2016

Pengertian dan Unsur-unsur Senam


Senam merupakan aktifitas fisik yang dapat membantu mengoptimalkan perkembangan anak. Gerakan-gerakan senam sangat sesuai untuk mendapat penekanan di dalam program pendidikan jasmani. Di samping itu senam juga memberi sumbangan yang tidak kecil pada perkembangan gerak dasar fundamental yang penting bagi aktivitas fisik cabang olahraga lainnya.

Senam sebagai salah satu cabang olahraga, merupakan terjemahan langsung dari bahasa Inggris Gymnastics, atau Belanda Gymnastiek. Gymnastics sendiri asal katanya dari Gymnos bahasa Greka (Yunani). Gymnos yang berarti telanjang. Gymnastiek pada zaman Yunani kuno memang dilakukan dengan badan telanjang atau setengah telanjang. Maksudnya agar gerakan dapat dilakukan tanpa gangguan sehingga menjadi sempurna. Adapun tempat yang dipakai berlatih senam di zaman Yunani kuno disebut Gymnasium.

Untuk memberi batasan yang tepat sangat sukar, oleh karenanya harus jelas batas dan ruang lingkupnya. Merumuskan apa itu Senam, kita harus pahami ciri-ciri dan kaidah-kaidahnya, antara lain:
  • Gerakan-gerakannya selalu diciptakan dengan sengaja.
  • Gerakan-gerakannya harus berguna untuk mecapai tujuan tertentu (meningkatkan kelentukan, memperbaiki sikap dan gerak, meningkatkan keindahan gerak dsb.).
  • Gerakan-gerakannya harus disusun secara sistematis.

Berangkat dari ciri dan kaidah diatas dapatlah ditarik suatu pengertian senam sebagai berikut; 
Senam adalah Latihan tubuh yang dipilih dan diciptakan dengan terencana, sistematis dan bertujuan membentuk sikap dan gerak serta mengembangkan pribadi secara harmonis.

Unsur-unsur di dalam latihan senam yaitu terdiri dari; Calesthenic dan Tumbling atau Akrobatik.

1. Calesthenic
Calesthenic berasal dari kata Yunai (Greka), yaitu Kallos yang artinya Indah dan Stenos yang artinya kekuatan. Jadi calesthenic dapat diartikan sebagai kegiatan memperindah tubuh melalui latihan kekuatan. Maksudnya adalah suatu latihan tubuh (baik memakai alat maupun tanpa alat) untuk meningkatkan keindahan tubuh. Dalam bahasa Inggris Calesthenic adalah kata lain dari Free Exercises, dan dalam bahasa Belanda dari kata Frei Ubungen.

2. Tumbling atau akrobatik
Tumbling berasal dari kata Tombolan (bahasa Italia), Tommelen (bahasa Belada), Tober (bahasa Perancis), yang artinya melompat, melenting dan berjungkir balik secara berirama. Tumbling atau akrobatik adalah suatu ketangkasan yang merupakan gerakan yang cepat dan eksplosif serta terdapat gerak berputar. Contoh; handspring, kip, salto, walkover dsb.



Referensi:
Margono, Agus, dkk. 2012. Modul PLPG Penjaskes Rayon 113 UNS Surakarta. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 113.

6 komentar:

App Development Company India mengatakan... Balas Komentar

I certainly agree to some points that you have discussed on this post. I appreciate that you have shared some reliable tips on this review.

Unknown mengatakan... Balas Komentar

Mkasihnya

Blog27999 mengatakan... Balas Komentar

Did you know there's a 12 word phrase you can communicate to your man... that will induce intense feelings of love and instinctual attraction for you deep inside his heart?

Because hidden in these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's impulse to love, look after and look after you with his entire heart...

===> 12 Words Will Trigger A Man's Love Impulse

This impulse is so built-in to a man's genetics that it will make him try harder than ever before to make your relationship the best part of both of your lives.

As a matter of fact, fueling this powerful impulse is so binding to achieving the best possible relationship with your man that once you send your man a "Secret Signal"...

...You will immediately find him open his mind and soul for you in a way he never expressed before and he will recognize you as the one and only woman in the universe who has ever truly appealed to him.

Blog27999 mengatakan... Balas Komentar

Your Affiliate Money Making Machine is ready -

And getting it set up is as easy as 1--2--3!

It's super easy how it works...

STEP 1. Choose which affiliate products you intend to promote
STEP 2. Add PUSH BUTTON traffic (it takes JUST 2 minutes)
STEP 3. Watch the system explode your list and up-sell your affiliate products for you!

So, do you want to start making money?

You can test-drive the system for yourself risk free...

Blog27999 mengatakan... Balas Komentar

If you're looking to lose pounds then you absolutely need to jump on this brand new custom keto plan.

To create this keto diet, certified nutritionists, personal trainers, and chefs have joined together to develop keto meal plans that are effective, suitable, price-efficient, and enjoyable.

Since their launch in 2019, 1000's of clients have already completely transformed their figure and health with the benefits a smart keto plan can offer.

Speaking of benefits: in this link, you'll discover 8 scientifically-confirmed ones offered by the keto plan.

Blog27999 mengatakan... Balas Komentar

Your Affiliate Money Making Machine is waiting -

Plus, making money with it is as easy as 1--2--3!

Here is how it all works...

STEP 1. Tell the system which affiliate products you want to promote
STEP 2. Add some PUSH BUTTON TRAFFIC (this LITERALLY takes 2 minutes)
STEP 3. See how the affiliate products system grow your list and sell your affiliate products all for you!

Are you ready to make money automatically??

The solution is right here

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes